Polres Lahat Kawal Aksi Unjuk Rasa Pers Lahat Bersatu di Depan Kantor DPRD Kab. Lahat

Lahat – Pada hari Rabu, 4 September 2024, Polres Lahat, Polda Sumsel, melaksanakan pengawalan dan pengamanan terhadap aksi unjuk rasa yang digelar oleh Pers Lahat Bersatu (PLB) di depan Kantor DPRD Kabupaten Lahat. Aksi yang dimulai pukul 09.30 WIB ini dipimpin oleh Kasat Binmas AKP M. Sitompul SH dan didampingi Kasat Samapta AKP Hipni SH serta personel gabungan Polres Lahat.

 

Aksi unjuk rasa ini dilatarbelakangi oleh pernyataan yang tidak pantas dari seorang oknum ASN di Sekretariat DPRD Lahat, Linoki, yang dianggap telah melukai perasaan para jurnalis saat meliput acara pelantikan anggota DPRD Lahat pada 26 Agustus 2024. Dalam pernyataannya, Linoki meminta wartawan untuk keluar dari ruang utama dengan alasan keamanan barang-barang dewan yang masih berada di meja.

 

Dipimpin oleh Koordinator Lapangan Ishak Nasroni dari PWI Sumsel, sekitar 70 jurnalis dari berbagai organisasi media di Kabupaten Lahat turut serta dalam aksi ini. Mereka membawa spanduk, banner, dan panji-panji demokrasi yang menuntut agar oknum ASN tersebut diberikan sanksi tegas serta permintaan maaf secara terbuka.

 

Dalam orasinya, Ketua PWI Lahat, Nurmala, bersama para ketua organisasi media lainnya seperti IWO, FJL, SMSI, dan PWRI, menegaskan pentingnya menjaga marwah dan integritas jurnalis. Mereka menuntut Pemkab Lahat untuk segera memberikan sanksi alih tugas kepada Linoki serta memastikan tidak ada lagi tindakan yang menghalangi tugas jurnalistik di Kabupaten Lahat.

 

Aksi ini berakhir dengan diterimanya pernyataan sikap oleh Staf Ahli Bupati Lahat, Marliansayah, dan Kabag Fasilitasi DPRD, Wansyah. Mereka berjanji akan menindaklanjuti tuntutan yang disampaikan dengan mekanisme yang ada serta mengkomunikasikannya kepada Pj Bupati Lahat.

 

Pihak PLB juga mengucapkan terima kasih kepada Polres Lahat atas pengawalan dan pengamanan yang telah dilakukan selama aksi berlangsung, yang berjalan dengan damai dan tertib.

 

Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat, Aiptu Lispono SH, menegaskan bahwa pihak kepolisian akan terus mendukung kebebasan pers selama aksi dan tuntutan disampaikan dengan cara yang sesuai dengan hukum.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
47 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@[email protected]

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.