Kapolda Sumsel Siap Kawal Penuh Kongres PMII ke XXI di Palembang

PALEMBANG – Kapolda Sumatera Selatan, Irjen A Rachmad Wibowo, menyatakan kesiapan penuh Polda Sumsel dalam mengamankan pelaksanaan Kongres Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke XXI yang akan digelar di kompleks Jakabaring, Kota Palembang. Rapat akhir terkait kesiapan pengamanan ini berlangsung pada Kamis, 8 Agustus 2024, di ruang Vicon Mapolda Sumsel.

 

Kongres yang akan berlangsung dari 9 hingga 15 Agustus 2024 ini diperkirakan akan diikuti oleh sekitar 2000 peserta kongres dan lebih dari 2500 peserta pendukung. Acara pembukaan dijadwalkan akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

 

Dalam arahannya, Kapolda Sumsel menegaskan bahwa Polda Sumsel akan memberikan pengawalan penuh selama pelaksanaan kongres untuk memastikan acara berjalan aman dan tertib. "Kita kawal penuh," tegas Irjen A Rachmad Wibowo. Polda Sumsel juga akan sepenuhnya mendukung Polrestabes Palembang dalam pengamanan, dengan persiapan strategi dan fasilitas yang matang.

 

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono, memaparkan bahwa sebanyak 2071 personel keamanan akan diterjunkan, termasuk dukungan dari berbagai satuan, seperti Sat Brimob, Polwan, dan BKO dari Polres terdekat. Kendaraan operasional dan peralatan pendukung juga telah disiapkan untuk mengawal jalannya kongres.

 

Harryo menjelaskan bahwa potensi kerawanan, terutama selama pertanggungjawaban pengurus dan pemilihan ketua, telah dipetakan dengan baik. "Kami telah merancang skenario pengamanan yang detail untuk mengantisipasi segala kemungkinan, dengan pendekatan persuasif dan humanis sebagai prioritas utama," ungkapnya.

 

Menegaskan komitmen untuk mencegah kekerasan, Kombes Harryo juga menegaskan bahwa tidak ada personel pengamanan yang diperbolehkan membawa senjata api, senjata tajam, atau gas air mata. Penggunaan sarana komunikasi dan pendekatan persuasif akan diutamakan untuk menjaga suasana tetap kondusif.

 

Dengan persiapan yang matang, Polda Sumsel berharap Kongres PMII ke XXI di Palembang dapat berlangsung dengan aman dan lancar, sesuai harapan semua pihak yang terlibat.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
137 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@[email protected]

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.