Polsek Muaradua Gencarkan Sosialisasi Cegah Karhutla, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Muaradua, 7 Agustus 2024 – Dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Bhabinkamtibmas Polsek Muaradua, Aipda Muhlisin, melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat di Desa binaannya. Kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir kejadian Karhutla, melindungi lingkungan, mencegah pencemaran udara akibat asap, serta menghindari kerugian yang disebabkan oleh kebakaran.

 

Kapolres OKU Selatan, AKBP M. Khalid Zulkarnain, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Muaradua, Iptu JR Simanjuntak, menjelaskan bahwa pihaknya terus berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan selama musim kemarau. "Kerja sama dengan masyarakat menjadi fokus utama Polsek Muaradua dalam meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polsek Muaradua khususnya, dan umumnya di wilayah Kabupaten OKU Selatan," ujarnya.

 

Iptu JR Simanjuntak, yang akrab disapa Bang Juntak, menambahkan bahwa pencegahan Karhutla dilaksanakan sejak dini melalui edukasi, sosialisasi, dan penyampaian himbauan kepada masyarakat. "Ini merupakan upaya pencegahan yang dilaksanakan agar masyarakat benar-benar paham dampak bahaya yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan secara bersama-sama," ungkapnya.

 

Sosialisasi yang dilakukan oleh Aipda Muhlisin mencakup berbagai langkah preventif, seperti tidak membakar sampah di lahan terbuka, menghindari penggunaan api di sekitar hutan saat musim kemarau, dan melaporkan segera jika melihat tanda-tanda kebakaran. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan mencegah kebakaran hutan.

 

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Polsek Muaradua ini merupakan bagian dari komitmen Polres OKU Selatan dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta melindungi lingkungan dari ancaman Karhutla. Dengan sinergi antara aparat kepolisian dan masyarakat, diharapkan wilayah Kabupaten OKU Selatan dapat terbebas dari bencana kebakaran hutan dan lahan, serta tetap menjadi daerah yang aman dan nyaman untuk ditinggali.

 

Polsek Muaradua terus berupaya untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat, meningkatkan kesadaran, dan mengedukasi pentingnya menjaga lingkungan, demi masa depan yang lebih baik.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
56 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@[email protected]

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.