Kapolda Sumsel Berangkatkan 170 Personel BKO Operasi Mitigasi Karhutla: "Padamkan Api Sebelum Membesar

PALEMBANG - Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo pada Jumat (2/8/2024) melepas keberangkatan 170 personel Brimob, Sabhara, dan Polair ke daerah rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi Sumatera Selatan. Personel tersebut akan bertugas di Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Musi Banyuasin.

 

Keberangkatan ini merupakan bagian dari 200 personel yang telah mendapatkan pelatihan penanggulangan karhutla dari Manggala Agni minggu sebelumnya. Mereka dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) dan peralatan pemadaman api, dan akan bertugas selama 15 hari ke depan.

 

Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo mengatakan bahwa personel diterjunkan untuk memberikan dukungan tambahan di wilayah-wilayah rawan karhutla. "Tugas rekan-rekan tidak ringan, walaupun kemarin sudah ada hujan tetapi sangat tipis. Sekarang sudah masuk bulan Agustus, indeks standar pencemaran udara sudah mulai naik," ujarnya dalam pembekalan.

 

Kapolda mengaku menerima laporan setiap malam dari command center tentang kenaikan indeks standar pencemaran udara, yang mengindikasikan adanya asap di Sumatera Selatan mulai pukul 23.00 WIB hingga 05.00 pagi. "Masyarakat masuk ke dalam lahan rata-rata malam hari dan mulai membakar, sehingga asapnya terdeteksi dan mencemari udara," jelasnya.

 

Ia mengingatkan personel untuk bertanggung jawab dalam melaksanakan patroli di lokasi sesuai penugasan. "Rekan-rekan akan bersama masyarakat melaksanakan ronda malam dan sambang ke masyarakat. Kenali karakter daerah, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama untuk memastikan pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar," tambahnya.

 

"Dengan APD dan peralatan yang sudah disiapkan, padamkan api sebelum membesar. Utamakan keselamatan dan tetap semangat," imbuh Kapolda.

 

Sementara itu, Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Kombes M Anis Prasetyo menyatakan bahwa 170 personel akan ditempatkan di 17 lokasi rawan karhutla. Di Ogan Ilir, mereka akan bertugas di Pemulutan dan Indralaya. Di Ogan Komering Ilir, personel akan ditempatkan di Jejawi, Kayu Agung, Pedamaran, Tulung Selapan, Pampangan, dan Cengal. Di Banyuasin, mereka akan berada di Pangkalan Balai, Lubuk Karet Betung, Pulau Rimau, Keluang, Tanjung Lago, Sako Rambutan, Air Kumbang, dan Bayung Lencir. Sedangkan di Musi Banyuasin, personel akan bertugas di Tapak Rimau dan Sanga Desa.

 

Kombes Anis menambahkan bahwa selain dilengkapi dengan kendaraan dan peralatan pemadaman, tim juga dibekali dengan kebutuhan logistik.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
78 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@[email protected]

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.