Wakapolda Sumsel Tekankan Netralitas Polri dalam Latkatpuan Satgas Gakkum OPS Mantap Praja 2024

Palembang, 30 Juli 2024 – Dalam acara Latkatpuan Operasi Mantap Praja 2024 yang berlangsung di ballroom Aston Palembang pada Selasa sore, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M. Zulkarnain, SIK, MSi, memberikan arahan penting kepada para peserta. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat utama Polda Sumsel, perwakilan dari Kajati Sumsel, KPU Sumsel, Bawaslu, Ditpid Bareskrim Polri, saksi ahli Kominfo RI, serta tamu undangan lainnya. Peserta terdiri dari penyidik dan penyidik pembantu Ditkrimsus, Ditkrimum Polda Sumsel, serta personel dari Polrestabes dan Polres jajaran.

 

Dalam arahannya, Brigjen Pol M. Zulkarnain menekankan pentingnya kesiapan Operasi Mantap Praja 2024, dengan fokus utama pada menjaga netralitas Polri dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten/Kota serentak 2024. Beliau menegaskan bahwa netralitas Polri merupakan dasar hukum yang harus dipatuhi, dimana Polri harus netral dalam kehidupan politik, tidak menggunakan hak memilih, dan tidak terlibat dalam politik praktis.

 

“Implementasi netralitas Polri mencakup pengamanan pemilihan dengan sikap netral dan tidak memihak kepada kontestan manapun. Anggota Polri dilarang memberikan komentar, penilaian, atau dukungan kepada kontestan Pilkada, serta tidak boleh melakukan tindakan atau pernyataan yang bisa mempengaruhi proses pemilihan oleh KPU dan Bawaslu,” ujar Brigjen Pol M. Zulkarnain, Alumni Akpol 94.

 

Selain itu, Wakapolda juga menekankan kepada peserta Latkatpuan untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama pelatihan dan menjadikannya bekal dalam pelaksanaan tugas selaku anggota Polri. Beliau menambahkan bahwa anggota Polri harus selalu berkoordinasi dengan Gakkumdu dalam menghadapi permasalahan Pilkada, menjaga netralitas, dan terus memonitor wilayahnya karena perbedaan karakteristik kerawanan sangat mempengaruhi Harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat).

 

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personel dalam menjalankan tugas pengamanan Pilkada dengan netral dan profesional, serta mendukung suksesnya pesta demokrasi yang akan menentukan pemimpin daerah masa depan.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
33 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@[email protected]

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.