Polres Lubuk Linggau Gelar Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Penanganan Karhutla Jelang Musim Kemarau

Lubuk Linggau – Menyambut musim kemarau, Pemerintah Kota Lubuk Linggau bekerja sama dengan Polres Lubuk Linggau dan Kodim 0406 Lubuk Linggau menggelar Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tingkat Kota Lubuk Linggau. Acara berlangsung pada Rabu (24/7/2024) di halaman apel Pemkot Lubuk Linggau, Jl. Garuda Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuk Linggau Barat I.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut:

 

- Pj. Walikota Lubuk Linggau, Ir. H. Trisko Defriansyah

- Dandim 0406 Lubuk Linggau, Letkol Inf Arie Prasatyo Widyo Broto

- Kapolres Lubuk Linggau, AKBP Bobby Kusumawardhana

- Pj. Sekda Kota Lubuk Linggau, Dr. H. Tamri

- Danyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumsel, AKBP Andiyano

- Kajari Kota Lubuk Linggau, Anita Asterida

- Kepala Basarnas Kota Lubuk Linggau

- Para Pejabat Utama Polres Lubuk Linggau

- Para Forkopimda Kota Lubuk Linggau

- Para Kepala OPD Pemkot Kota Lubuk Linggau

 

Dalam sambutannya, Pj. Walikota Lubuk Linggau, Ir. H. Trisko Defriansyah, menyatakan bahwa apel siaga ini merupakan bentuk kesiapsiagaan Forkopimda Kota Lubuk Linggau dalam menanggulangi bencana alam, khususnya kebakaran hutan dan lahan. Berdasarkan informasi dari BMKG, puncak musim kemarau di Indonesia diprediksi terjadi pada bulan Juli dan Agustus 2024. Memasuki musim kemarau, potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan, meningkat dengan luas lahan terdampak lebih dari 40 hektar.

 

Pj. Walikota juga menekankan pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi Karhutla di Kota Lubuk Linggau, meskipun kawasan hutan di kota ini tidak terlalu banyak. "Kita harus tetap waspada agar Kota Lubuk Linggau tidak menjadi salah satu penyumbang kabut asap di Provinsi Sumatera Selatan," ujarnya.

 

Setelah apel siaga, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi penanganan Karhutla oleh Dinas Pemadam Kebakaran, Polres Lubuk Linggau, dan Kodim 0406 Lubuk Linggau. Simulasi ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi dan kesiapan dalam menangani kebakaran hutan dan lahan.

 

Pj. Walikota Lubuk Linggau, didampingi Forkopimda, kemudian melakukan pengecekan alat-alat serta perlengkapan penanganan Karhutla guna memastikan kesiapan dalam menghadapi potensi kebakaran di wilayah Kota Lubuk Linggau.

 

Kegiatan apel dan simulasi penanganan Karhutla ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan semua pihak dalam menghadapi musim kemarau, sehingga dampak dari kebakaran hutan dan lahan dapat diminimalisir.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
270 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@[email protected]

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.