Polda Sumsel Gelar Apel Kesiapan Penanganan Karhutla, Pastikan Personel dan Perlengkapan Siap Tanggap

PALEMBANG – Pada Rabu (17/7/2024), Polda Sumsel mengadakan apel kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lapangan Mapolda Sumsel. Dalam apel ini, personel dan perlengkapan yang akan digunakan untuk menangani Karhutla diperiksa secara menyeluruh oleh pimpinan apel.

 

Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo, melalui Direktur Samapta Polda Sumsel Kombes Pol Budi Mulyanto, SIK, MH, yang memimpin apel tersebut, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel dan perlengkapan Polda Sumsel dalam menghadapi Karhutla, terutama dengan mulai munculnya titik api di beberapa lokasi.

 

“Kita pastikan kesiapan personel dan perlengkapan yang ada, sehingga setiap saat siap untuk diterjunkan ke lapangan membantu wilayah,” ujarnya.

 

Kombes Budi Mulyanto menegaskan kepada setiap sub satuan tugas (Subsatgas) untuk mempersiapkan kendaraan operasional dan perlengkapannya dengan baik sehingga bisa digunakan kapanpun diperlukan.

 

Dalam apel tersebut, beberapa perlengkapan yang diperiksa di antaranya adalah kendaraan R4 jenis Toyota Hilux V 4007-10 dan perlengkapannya dari Ditreskrimsus, 1 unit kendaraan R6 Karhutla 6017-15, serta bus dan perlengkapannya dari Ditsamapta. Juga ada kendaraan RIB 85 PK, truk beserta perlengkapannya, dan kendaraan serta perlengkapan dari Satbrimob, seperti Water Canon, truk dan angkutan, Mobil SAR darat, Pompa Portable, dan berbagai perlengkapan lainnya.

 

“Kita cek tadi seluruh peralatan yang memang sudah sekian waktu tersimpan di gudang. Alhamdulillah semuanya siap pakai. Begitupun kondisi fisik personel kita juga cukup sehat dan bugar. Mudah-mudahan bersama dengan petugas lainnya dari TNI, BPBD, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api, dan relawan, kita sudah siap untuk mengemban tugas yang cukup berat ini,” imbuhnya.

 

Sebelumnya, jajaran Polda Sumsel gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk pencegahan dan penanganan Karhutla di Sumatera Selatan. 

 

“Kesiapan baik personel maupun perlengkapan sarana prasarana ini terus kami gencarkan termasuk juga di Polres jajaran, seiring dengan penetapan status siaga darurat Karhutla oleh pemerintah Provinsi Sumsel pada tanggal 13 Juni 2024 yang lalu,” terang Kepala Biro Ops Polda Sumsel Kombes M Anis Prasetyo kepada media.

 

"Selain itu, kita juga melakukan pengecekan terhadap embung/penampung air, menara pantau yang ada di setiap perusahaan, kita pastikan masih berfungsi dengan baik. Kita juga sebarluaskan Maklumat Kapolda tentang larangan membuka lahan dengan cara membakar kepada masyarakat,” tambahnya.

 

Anis menambahkan bahwa setidaknya ada 9 daerah rawan Karhutla tahun ini, yaitu Ogan Ilir, Muara Enim, Pali, Ogan Komering Ulu, OKU Timur, OKU Selatan, Musi Rawas, Muratara, dan Lahat.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
81 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@[email protected]

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.