Kapolda Sumsel Buka Rakerwas Itwasda, Tekankan Penguatan Fungsi Pengawasan Berbasis Digital

PALEMBANG – Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) Polda Sumsel menggelar rapat kerja pengawasan (rakerwas) dengan fokus pada penguatan fungsi pengawasan Polri berbasis digital. Kegiatan ini bertujuan mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta mengawal pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Sumsel tahun 2024.

 

Kapolda Sumsel, Irjen A Rachmad Wibowo, dalam sambutannya mengatakan bahwa Polri telah mengembangkan beberapa produk pengawasan digital seperti e-Dumas dan e-Audit untuk mempermudah pekerjaan personil. "Digitalisasi dan komputerisasi dirancang untuk mempermudah manajemen pekerjaan manusia. Kesalahan yang kecil bisa menjadi besar jika tidak ditangani dengan baik, namun jika benar, akan memberikan hasil yang luar biasa. Oleh karena itu, seluruh personil harus memahami dan menjaga keamanan teknologi digital ini," ujar Rachmad saat membuka rakerwas di salah satu hotel di Palembang pada Selasa (16/7/2024).

 

Pembukaan rakerwas Itwasda ditandai dengan pernyataan resmi dari Kapolda. "Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini Selasa tanggal 16 Juli tahun 2024, pukul 09.42 WIB, Rakerwas Itwasda Polda Sumatera tahun anggaran 2024 secara resmi saya nyatakan dibuka," tegasnya.

 

Kapolda Sumsel menekankan pentingnya menjaga keamanan teknologi digital untuk memastikan layanan berjalan tanpa gangguan sepanjang tahun. “Di balik teknologi ada sesuatu yang namanya ‘security’ yang harus dijaga untuk terjaminnya layanan secara penuh sepanjang tahun, tidak boleh down, tidak boleh diganggu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang oleh karenanya perlu dikoordinasikan dengan fungsi terkait,” ujarnya.

 

Kapolda juga menyoroti program transformasi ekonomi inklusif dan berkelanjutan yang merupakan salah satu inisiatif kepolisian. "Polri bersama dengan stakeholder lain dan seluruh elemen bangsa berupaya mencapai empat tujuan negara: melindungi bangsa, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan turut serta dalam perdamaian dunia. Polri memiliki tugas besar dalam mendukung peningkatan ekonomi dari hulu ke hilir, memastikan produksi dan distribusi berjalan lancar tanpa merusak lingkungan," jelasnya.

 

Rachmad juga mengingatkan pentingnya fungsi pengawasan sesuai dengan Pasal 5 Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2022. Ia menegaskan bahwa pemimpin di setiap strata harus memberikan arahan yang jelas kepada bawahannya. "Arahan saya kepada seluruh pengemban fungsi pengawasan adalah bahwa saudara adalah bagian dari manajemen. Pastikan empat hal yaitu man, money, material, dan method sesuai dengan aturan," tegasnya.

 

Pada kesempatan itu, Kapolda memberikan penghargaan kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumsel, Sofyan Antonius AKMM, dan Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Sumsel, Adrian Agustiansah SH Mhum, sebagai narasumber eksternal. Selain itu, Irwasda Kombes Fery Handoko Soenarko memberikan penghargaan kepada Kasiwas terbaik di jajaran Polda Sumsel, dengan penghargaan pertama diraih oleh Kasiwas Polres Muara Enim, Iptu Budi Santoso, terbaik kedua oleh Kasiwas Polres OKI, AKP Amirudin Iskandar, dan terbaik ketiga oleh Kasiwas Polres OKU Timur, Iptu Hartono SE.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
55 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@[email protected]

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.