Wakapolda Sumsel dan PJU Polda Sumsel Saksikan Wayang Kulit Live Streaming di Palembang untuk Peringati Hari Bhayangkara ke-78

PALEMBANG - Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M. Zulkarnain, SIK, MSi bersama dengan PJU Polda Sumsel menghadiri acara nonton bareng wayang kulit live streaming dari Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Bhayangkara ke-78. Acara berlangsung pada Jumat malam, 5 Juli 2024, di lantai II ruang Serbaguna Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel, Jalan Jenderal Sudirman KM 4, Palembang.

 

Kegiatan ini menampilkan pertunjukan wayang kulit dengan lakon Tumurune Wiji Sejati, yang sebelumnya telah meraih penghargaan dari Museum Republik Indonesia (MURI). Awan Rahargo dari MURI turut hadir memberikan penghargaan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada atas kontribusi dalam mempromosikan wayang kulit sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia.

 

Menurut Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto yang dihubungi melalui Kasubbid PID AKBP Suparlan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan kebudayaan dan nilai-nilai moral melalui lakon Tumurune Wiji Sejati. Lakon ini mengisahkan tentang Raden Wisanggeni, seorang kesatria yang cerdas dan berjuang untuk kebenaran, keadilan, dan kejujuran.

 

"Pertunjukan wayang kulit ini bukan hanya sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai sarana edukasi dan pelestarian budaya bagi masyarakat," ujar AKBP Suparlan.

 

Acara ini merupakan kali ketiga Polri menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara. Pertunjukan dipimpin oleh tiga dalang terbaik, yaitu Ki Yanto, Ki Sri Kuncoro, dan Ki Harso Widisantoso, yang masing-masing memberikan warna dan kekuatan dalam memainkan lakon tersebut.

 

Turut hadir dalam acara ini beberapa pejabat tinggi Polda Sumsel, antara lain AKM III. Itwasda Polda Sumsel Kombes Pol. Bambang Irawan, Karorena Polda Sumsel Kombes Pol. Toto Wibowo, Karoops Polda Sumsel Kombes Pol. M. Anis Prasetio Santoso, Dir Polairud Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Kusmaedi, dan lain-lain.

 

Kehadiran perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sumsel, seperti Pj. Gubernur Sumsel, Ketua DPRD Sumsel, Pangdam II/Sriwijaya, dan lainnya, menunjukkan dukungan kuat terhadap kegiatan yang mempererat hubungan antara aparat kepolisian dan masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya dalam menjaga keberagaman dan keharmonisan di Sumsel.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
163 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@[email protected]

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.