Kapolda Sumsel: Empat Sifat Pati Gajah Mada Menjadi Pedoman Polri dalam Peringatan Hari Bhayangkara ke-78

Palembang - Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 di Halaman Mapolda Sumatera Selatan (Sumsel) berlangsung dengan tertib dan lancar pada Senin (1/7/24). Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, S.Ik.

 

Usai upacara, Kapolda menyampaikan bahwa empat sifat kepemimpinan Maha Pati Gajah Mada menjadi pedoman bagi anggota Polri. “Setidaknya ada empat sifat Fitur Maha Pati Gajah Mada yang menjadi pedoman insan Bhayangkara,” ujar Kapolda dalam sambutannya di hadapan para tamu undangan Hari Bhayangkara ke-78.

 

Empat sifat tersebut adalah:

1. **Satya Maha Prabu:** Setia kepada negara dan pimpinan.

2. **Nayaken Musuh:** Setiap insan Bhayangkara wajib melenyapkan musuh negara dan masyarakat.

3. **Negara Gineng Pratijna:** Mengagungkan negara baik benar maupun salah, sebagai personel Polri wajib membela.

4. **Tan Satresna:** Dalam melaksanakan tugas, insan Bhayangkara tidak terikat pada sesuatu.

 

Kapolda juga mengingatkan bahwa Kepolisian Republik Indonesia telah ada sejak sebelum kemerdekaan, dengan fungsi dan organ sebagai pelindung negara yang sudah ada sejak abad ke-12 di Kerajaan Majapahit dengan pasukan yang disebut Bhayangkara. “Arti Bhayangkara adalah Pelindung negara dan masyarakat, yang dipimpin Maha Pati Gajah Mada,” tuturnya.

 

Selain itu, Kapolda menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak dan memohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan dalam pelayanan di jajaran Polda Sumsel. “Kami akan terus meningkatkan kualitas pelayanan dan bersumpah untuk tidak menyakiti hati masyarakat,” sebutnya.

 

Kapolda juga berpesan kepada para personel untuk mengingat Sumpah Tribrata dan Lambang Rastra Sewakotta yang berarti Polri adalah abdi utama nusa dan bangsa. “Kita yang diharapkan masyarakat untuk menyelesaikan dan menuntaskan seluruh permasalahan yang dihadapi,” tegasnya.

 

Pasukan upacara Hari Bhayangkara ke-78 diikuti oleh empat batalyon, terdiri dari Personel Polda Sumsel, TNI, Dishub Sumsel, Satuan Pol PP Sumsel, Damkar Palembang, ASN di lingkungan Polda Sumsel, serta kalangan Pramuka. Komandan Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumsel, Perwira Upacara AKBP Andiyanto, Komandan Upacara Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP H.P Yunar Sirait, dan Pengucap Tribrata Kanit 4 Satreskrim Polres Empat Lawang, IPDA Gede Andika Surya Wibisana turut hadir dalam upacara tersebut.

 

Bila ada permasalahan dan butuh bantuan Polisi silahkan hubungi :

 

NO BANTUAN POLISI, WA *081370002110*

 

"KAMI SIAP MELAYANI 24 JAM"

Administrator
487 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.KM.4, RW.5, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151

081370002110

admin@[email protected]

Follow Us
Berita Foto

© TRIBRATANEWS POLDA SUMSEL. All Rights Reserved.